Kumpulan Kata Kata Cinta, Kata Motivasi, Info Kesehatan dan Kecantikan, DP BBM serta Informasi Menarik Lainnya Terbaru

Tahap Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama

Tahap Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama - Seorang wanita diberikan keunggulan atau berkah dari tuhan yaitu menjadi seorang Ibu. Melahirkan, menjaga serta membesarkan anak dengan baik  merupakan suatu keajaiban atau anugerah bagi seorang ibu, apalagi disaat anak tersebut telah dewasa dan berhasil maka disitulah seorang ibu dikatakan sukses menjadi seorang ibu yang baik bagi anak anaknya.


Seorang ibu yang sangat menantikan seorang kelahiran anak maka akan memperhatikan perkembangan bayinya dari bulan ke bulan. Dengan terus memperhatikan keadaan janinnya seorang ibu dapat terus menjaga kehamilannya sampai ia melahirkan kelak.


Bulan bulan yang merupakan tahap perkembangan kehamilan yang sangat harus ibu perhatikan meliputi trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga, dengan ini seorang ibu harus menjaga kehamilan serta janin khususnya pada tahap perkembangan kehamilan trimester pertama, yang merupakan saat dimana janin yang ada didalam perut seorang ibu mulai dibentuk.

Sebelum kita membahas mengenai tahap perkembangan kehamilan trimester pertama kita harus tahu  tentang pengertian kehamilan itu sendiri, kehamilan merupakan masa seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam perutnya.  Kehamilan terjadi dikarenakan adanya pembuahan zat ovum di karenakan penggabungannya dengan zat sperma. Didalam masa kehamilan, dapat terjadi gestasi (contohnya : adanya kehamilan dengan kasus anak kembar atau anak yang di dalam kandungan sebanyak 3 triplet atau kembar tiga).

Baca juga :



Kehamilan manusia terjadi selama 40 minggu antara masa menstruasi terakhir sampai dengan masa kelahiran (bisa dibilang 38 minggu masa pembuahan). Saat masa pembuahan di minggu minggu awal kita akan mulai menemukkan embrio yang merupakan calon anak dan setelah itu kita panggil dengan janin sampai akhir (sampai masa melhirkan).

Kehamilan manusia dibagi dalam 3 periode triwulan menurut pandangan masyarakat dan medis yaitu :

Triwulan pertama

Pada triwulan ini kita harus menjaga janin yang ada di dalam kandungan sebab pada masa ini seorang ibu dapat mengalami keguguran, masa ini disebut masa rawan  seorang ibu. Jadi seorang ibu harus menjaga keadaan janinnya  secara hati  hati.

Triwulan kedua

Perkembangan janin dapat di monitor serta di diagnosa, pada keadaan ini janin bisa kita pantau keadaan nya serta perkembangannya  sehingga kita dapat memperoleh informasi tentang janin yang membuat kita melakukan tindakan yang dapat membuat janin kita sehat dalam perkembangannya.

Triwulan ketiga

Pada masa ini merupakan masa dimana kita tahu janin kita dapat tetap hidup apabila terjadi kelahiran awal yang alami ataupun kelahiran yang dipaksakan masa ini di sebut masa viabilitas. Pada masa ini kita harus memperkuat mental serta kesehatan kita, agar dalam menjalani persalinan nanti tidak  akan terjadi kendala buruk.
Usia kehamilan

Tahap Kehamilan Trimester Pertama

Pada 3 bulan pertama tubuh anda akan mengalami perubahan perubahan yang signifikan, seperti mual, muntah muntah, kelelahan, sakit punggung, berubahnya suasana hati dan stress perubahan tersebut merupakan cara tubuh anda menyesuaikan diri dengan si bayi yang ada dalam kandungan anda.

Perubahan tersebut dapat  hilang seiring dengan umur kehamilan yang berlanjut, tubuh mempunyai waktu untuk peradaptasi dengan bayi. Tahap perkembangan kehamilan pada trimester pertama adalah sebagai berikut :

Minggu pertama

ibu mengalami perubahan dan pada minggu ini ibu harus memberi asupan gizi pada janin yang ada di kandungannya demi pertumbuhan organ janin.

Minggu ke dua

Ibu harus bersiap mengalami masa ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur),  masa ini merupakan masa dimana rahim mempersiapkan kehamilan.

Minggu ke tiga

pada saat ini umur janin masih 1 minggu dan belum dapat dilihat tanpa mikroskop

Minggu ke empat

janin  yang berumur 2minggu ini melekat ke rahim sambil membuat tubuh

Minggu ke 5

janin terdiri dari 3 lapisan yang akan terus berusaha membenttuk tubuh

Minggu ke 6

janin memiliki panjang sekiiar 1,25 mm sampai 3 mm dimana pada masa ini organ tubuh dalammasa pembentukan

Minggu ke 7

janin berukuran 2 – 5mm

Minggu ke 8

janin berukuran 11 – 13 mm wajahpun semakin terllihat jelas

Minggu ke 9

berat janin 2 gram panjang 22 – 30 mm,jari jari mulai terbentuk dan tubuh mulai bergerak

Minggu ke 10

berat sekitar 4 -5  mg dengan panjang 31 – 42 mm dengan jari , telinga dan tunas  gigi yang berkembang

Pada minggu ke  11 sampai minggu ke 12  

tahap perkembangan kehamilan trimester pertama berakhir.

Pada minggu ke 12,

janin mulai membentuk daun telinga, leher dan alat kelamin, ginjal juga berfungsi, gerakan janin aktif namun tidak diketahui oleh sang ibu.

Tahap perkembangan trimester pertamamerupakan tahapan penting.

Tahap Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin